Cara Buat Ayam Kentucky yang Kriuk Pake Banget

oleh -1,783 views

POSMEDIA.ID – Siang ini saya buat ayam kentucky request anak-anak, karena anak saya lahap banget makannya kalau pakai ayam kentucky, wah….rasanya senang banget kalau anak-anak pada suka masakn kita. Kita langsung ke bahan- bahannya yuk………

Bahan:
-1 ekor ayam dibagi 10 (jangan pake ayam kampung)
-6 siung bawang putih (ulek)
-1/2 sendok teh lada
-25 g gula pasir
-25 g garam halus
-3 sdm cuka makan
-air secukupnya
-1 butir telur

Bumbu Kering Krispi:
-500 g tebung terigu protein sedang.
-1/2 sendok teh lada bubuk.
-1 sdm bawang putih bubuk.
-2 sdt garam halus
-1 sendok makan kaldu bubuk
-1/2 sendok teh baking powder/soda kue

Cara Membuat:
1. Pertama-tama campur air, gula, garam, bawang putih yg sudah di ulek, telur, dan cuka, aduk rata hingga gula larut. Masukkan ayam yang sudah di potong-potong, (semacam marinasi, tapi ini beda, karena menggunakan banyak cairan, supaya ayam empuk dan bumbu meresap) selama minimal 8 jam atau biarkan 24 jam di dalam kulkas. Usahakan tiap potongan ayam terendam cairan, dan tutup bagian atas wadah dgn plastik wrap.

2. Keesokannya, keluarkan ayam dari kulkas. Siapkan bumbu kering krispi, yaitu campuran tepung terigu dan semua sisa bahan, aduk rata. Ambil sebagian adonan kering, beri air secukupnya, aduk hingga menjadi larutan yg encer. Ambil sepotong ayam dari dalam rendaman air, lalu gulingkan ke dalam adonan tepung kering (caranya di remas-remas biar terbentuk gerindilan-gerindilan, agar hasilnya nanti keriwil) setelah itu celupkan ke dalam larutan tepung encer (encer banget), gulingkan kembali ke dalam tepung kering hingga merata menutupi semua permukaan ayam. Lakukan hal yg sama untuk sisa ayam.

3. Panaskan minyak agak banyak, goreng ayam sampai tenggelam semua ke dalam minyak sampai kuning kecoklatan atau sampai matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan saus cocol sambal/tomat botolan.

 

Nah sudah saya bagikan resep ayam kentucky sederhana namun hasilnya tidak akan kalah dengan ayam kentucky yang ada dipasaran, daripada bosan dirumah karena ppkm lebih baik berkreasi membuat hidangan dirumah selain hemat kita juga bisa memastiakn kwalitas bahan dan proses olahan makanan yang kita hidangkan kepad akeluarga kita. Ok…selamat mencoba…. (SW)

No More Posts Available.

No more pages to load.