Cara Membuat Bebek Rica-rica Super Pedas

oleh -309 views

POSMEDIA.ID – Malam bunda…. Malam ini saya akan memberikan resep bebek rica-rica yang super pedas, cocok bagi yang pecinta pedas. Semoga bisa bermanfaat dan bisa di coba sendiri di rumah. Caranya mudah dan tentunya enak dan sehat karna di masak dengan penuh cinta hehe. agar bisa menambah nafsu makan si buah hati di rumah☺️

Bahan yang harus disediakan,
1 ekor bebek, berat lebih kurang 1 1/2 kg
(Cuci bersih, bakar perlahan kulitnya hingga bulu2 halus hilang lalu potong kecil2, cuci bersih kembali)
3 batang serai, geprek
4 helai daun salam
2 ruas jari lengkuas, geprek
3 buah daun jeruk
Air secukupnya
Garam secukupnya
2 sdm gula merah, sisir halus
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1 sdt kaldu jamur/ kaldu ayam
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :
8 buah bawang merah
3 buah bawang putih
1 ruas jari jahe
5 buah cabe merah
100 gr cabe rawit merah
3 buah kemiri

Cara Membuat :

– Rebus bebek ke dalam air yg sudah di campur air jerup nipis, agar bau amis bebek hilang sampai bebek matang, lalu angkat bebek dan tiriskan. Buang air rebusan tadi lalu rebus lagi menggunakan air yg baru.

– Letakkan bebek di panci, tuang air hingga bebek tenggelam. Tambahkan 1 sdm garam, 2 helai daun salam, 2 batang serai. Rebus hingga bebek lembut dan air agak sat. Biarkan dalam panci selama 15 menit dalam keadaan tertutup (kalau belum lembut boleh tambahkan air lagi)

– Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan serai, daun jeruk, daun salam dan lengkuas aduk kembali.

– Masukkan bebek beserta sisa air dan gula merah, saus tiram, kecap manis dan kaldu jamur/ kaldu ayam, masak hingga mendidih dan air asat (atau kalau mau berkuah dikit boleh sesuai selera)

– Koreksi rasa jika sudah pas sesuai selera, matikan api dan bebek rica-rica super pedas siap disajikan untuk menu makan keluarga. Selamat mencoba…. (SW)