Bacaan Burdah Bisa Membunuh Virus?

oleh -372 views

POSMEDIA.ID– Sekarang banyak orang membaca burdah keliling. Mulai di desa, di kampung, bahkan juga di kota, terutama di pulau Madura. Ada yg di pimpin oleh kiai kampung, ada juga yg di pimpin oleh tokoh masyarakat bahkan sampai kepala desa sekalipun.

Upaya ini dilakukan dalam rangka berdoa meminta kepada tuhan untuk selamat dari segala macam mara bahaya, terutama pandemi Covid 19 yg akhir-akhir ini banyak memakan korban. Mulai dari masyarakat biasa maupun tenaga kesehatan juga banyak yang gugur.

Lalu apa sebenarnya burdah tersebut, benarkah bacaan burdah bisa mebunuh virus?

Menurut Syekh Sayyid Syarif Jamal asal maroko dengan bahasa arab yang diterjemahkan oleh Syekh Saleh Muhammad Basalamah saat berceramah pada pengajian di Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah Sabtu (26/01/19) mengatakan bahwa syair burdah memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagi macam penyakit baik penyakit yang bersifat ruhaniah maupun jasmaniah serta penyakit ekonomi, tidak hanya itu, bahkan burdah diyakini bisa menjadi solusi penyelesaian untuk berbagai problematika hidup manusia.

Menurut kisah, syair dan doa puji-pujian burdah di tulis oleh seorang sufi bernama Al-Bushiri yang kala itu sedang sakit lumpuh dan tidak kunjung menemukan obat.

“Sesuai sejarah, Burdah ini ditulis oleh orang yang sedang sakit, yaitu seorang sufi besar bernama Al-Bushiri. Kala itu dia mengalami kelumpuhan dan tidak menemukan obat” ungkap Syekh Sayyid Syarif Jamal seperti yang dikutip oleh media nuonline.com.

Singkat cerita sang sufi tersebut menulis sebuah syair doa dan puji-pujian sampai kemudian terlelap dan bermimpi didatangi oleh sang nabi junjungan Muhammad rosulullah yang kemudian mengusap wajah Al-Bushiri.

Ajaib, seketika itu Al-Bushiri terbangun dan pada saat itu pula  sang sufi yang awalnya lumpuh akhirnya sembuh, dan bisa berjalan.

Kemudian, Syair doa dan puji-pujian yang ditulis oleh Al-Bushiri dikenal populer dengan nama kasidah Burdah.

Lalu bagaimana dengan Syair dan doa puji-pujian Burdah yang bisa membunuh virus??

Dalam kepercayaan agama Islam, segala penyakit termasuk virus merupakan makhluk tuhan. Sedangkan membaca burdah adalah membaca doa dalam rangka ikhtiar meminta kepada tuhan untuk diselamatkan. Sehingga tidak ada yang salah dan memang benar adanya karena kalau tuhan mengabulkan doa kita dan berkehendak untuk menghilangkan virus dari muka bumi ini untuk menyelamatkan kita semua dari virus maka hal tersebut sangat mungkin mengingat virus adalah makhluk tuhan.

Apalagi syair doa dan puji-pujian burdah memang memiliki sejarah yang menakjubkan dalam bidang penyembuhan penyakit. Seperti yang telah di ceritakan diatas. (HS)