Cara Membuat Kaldu Kokot Khas Pulau Madura

oleh -721 views

POSMEDIA.ID – Kaldu kokot makanan khas Madura khususnya di kota Sumenep adalah makanan khas Madura yang menggunakan kikil yang berasal dari kaki sapi beserta tulang dan sumsum. Kaldu kokot menggunaka resep bumbu tradisional dengan bahan pilihan yang sangat khas.

Kaldu kokot salah satu menu yang selalu ada saat lebaran atau saat buka bersama di akhir puasa bulan ramadhan dengan keluarga besar. Kokot dalam bahasa indonesia berarti telapak kaki sapi, sedangkan Kekel adalah kaki sapi bagian paha sampai betis.

Yang khas dari masakan sop kaki sapi khas Madura ini adalah ada campuran kacang ijonya dimakan sama lontong dilengkapi sambal korek (cabe rawit kukus + garam) dan kecap manis.
Nah….biar tidak penasaran kita bisa langsung praktekkan di rumah dengan resep di bawah ini.

Bahan-bahan

– 1 pasang kaki sapi (kokot) yg sdh bersih
– 1 ikat daun bawang kecil, iris kecil2
– 2 genggam kacang hijau (atau sesuai selera banyaknya)
– Secukupnya bawang goreng (bawang merah dan bawang putih)
– Secukupnya air
– Secukupnya minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:

– 1 1/2 bongkol bawang putih
– 1 sdt merica bubuk
– 2 ruas jahe
– Secukupnya Garam
– Secukupnya Kaldu bubuk rasa sapi

Pelengkap:
– Lontong
‘ Sambal (cabe rawit kukus diuleg dengan sedikit garam)
– Kecap Manis

Langkah

1. Rebus kokot sampai mendidih biarkan setengah empuk. Buang air rebusan pertama lalu rebus lagi dengan air baru sampai mendidih. Lalu potong2.

2. Panaskan secukupnya minyak, goreng irisan daun bawang sampai kering. Lalu masukkan bumbu halus, tumis sampai harum dan layu.

3. Masukkan tumisan bumbu, garam dan kaldu bubuk kedalam rebusan kokot. Masak dengan api kecil sampai bumbu meresap kedalam kokot dan kokot empuk. Koreksi rasa angkat, taburi bawang goreng. Sisakan bawang goreng untuk taburan di piring.

4. Rebus kacang ijo sampai mekar dan air menyusut kering lalu tambahkan dengan kuah kaldu kokot. Didihkan lagi sampai kuah menyusut, tambahi garam jika kurang gurih. Matikan api.

5. Kacang ijo bisa langsung dimasukkan dalam kuah kaldu kokot setelah dimasak sampai mekar. Tapi jika masak dalam porsi besar sebaiknya kacang ijo dibikin terpisah agar kuah kaldu kokot tidak terlalu kental nantinya apalagi jika masih ada sisa dan harus dihangatkan lagi. Jika masak porsi kecil bisa langsung dimasukkan dalam kuah.

Penyajian: Potong lontong, tata dalam piring. Beri secukupnya kacang ijo. Ambil potongan kokot dan siram dengan kuahnya. Beri kecap manis, taburi bawang goreng dan beri sambal. Siap disajikan.

Selamat mencoba

No More Posts Available.

No more pages to load.