Cara Buat Nasi Kuning Gurih Pakai Rice Cooker

oleh -551 views

POSMEDIA.ID – Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang di masak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan di tambahnya santan dan rempah-rempah, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih.

Dahulu mungkin cara membuat nasi kuning cukup ribet, inilah salah satu alasan kenapa banyak orang malas membuatnya sendiri nasi kuning di rumah. Namun saat ini sudah tidak lagi, salah satunya adalah penggunaan rice cooker untuk membuat nasi kuning. Sehingga membuat nasi kuningpun bisa jadi lebih cepat dan praktis.

Nasi kuning merupakan salah satu makanan yang khas di Indonesia. Sesuai dengan namanya, nasi kuning ini merupakan nasi yang mempunyai warna kuning yang berasal dari pewarna alami yakni kunyit. Selain itu, rasanya juga gurih dan memiliki aroma harum, inilah yang sedikit membedakan dari nasi biasanya.

Nasi kuning seringkali disajikan untuk acara-acara spesial dengan berbagai macam lauk pauk sebagai pelengkapnya. Penyajian nasi kuning cukup beragam, yang paling umum adalah membentuknya dengan bentuk cone atau yang biasa disebut tumpeng.

Nah, cara membuat nasi kuning ini sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan bebas untuk berkreasi dalam membentuk nasi kuningnya serta lauk pauk apa saja yang dikehendaki untuk dijadikan pelengkapnya. Simak saja resep dan cara membuat nasi kuning berikut ini.

Bahan:
-250 gram beras
-200 ml santan cair
-3 butir bawang merah
-4 siung bawang putih
-2 ruas kunyit
-2 ruas lengkuas memarkan
-3 lembar daun salam
-2 batang serai, memarkan
-garam dan penyedap rasa secukupnya
-Air secukupnya

Cara Membuat:
1. Cuci beras sampai bersih.
2. Masukkan beras dalam panci rice cooker dan tambahkan lengkuas, daun salam dan serai.
3. Haluskan bawang merah, bawang putih.
4. Haluskan kunyit dan saring.
5. Masukkan bumbu halus ke dalam panci beras.
6. Tambahkan santan, garam, penyedap rasa dan air.
7. Aduk sampai rata.
8. Masak nasi sampai matang.
9. Setelah matang angkat nasi dan sudah bisa di sajikan. Tambahkan lauk sesuai selera.

Selamat mencoba (SW)

No More Posts Available.

No more pages to load.