Cara Buat Lemper Ayam Jajanan Tradisional

oleh -531 views

POSMEDIA.ID – Lemper merupakan salah satu kue tradisional yang masih populer sampai saat ini di indonesia. Kue ini terbuat dari ketan serta di isi oleh cincangan atau suwiran daging, bisa daging ayam, sapi, atau daging ikan laut.

Jajanan yang di bungkus dengan daun pisang ini seringkali di pilih menjadi sajian dalam berbagai acara resmi maupun santai.

Kue lemper ini walaupun jajanan jadul tapi sampai saat ini masih banyak peminatnya, tidak bisa di pungkiri memang rasanya yang enak, jadi tidak kalah dengan rasa jajanan masa kini. Kue lemper selain di bungkus dengan daun pisang juga bisa dengan cara di goreng.

Untuk resep lempernya kali ini saya pakai isiannya yang dari ayam suwir, serta di bungkus pakai daun pisang. Langsung di simak ya resep di bawah ini.

Bahan Lemper :
– 500gr beras ketan
– 400ml santan
– Garam secukupnya
– Daun pandan
– Daun jeruk purut

Cara Membuatnya :
1. Rendam beras ketan selama 1 jam lalu kukus selama 20-25menit.
Masak santan, daun pandan, daun jeruk purut, garam, kecilkan api, lalu masukan beras ketan yg sudah dikukus saat masih panas-panas aduk hingga rata matikan api.

Bahan Isian :
– 350 gr Dada ayam rebus sampai masak
– 4 siung Bawang putih
– 7 biji bawang merah
– 1 cm jahe
– 1 sdt Penyedap rasa
– 2 sdm Gula pasir
– 1/2 sdt Garam
– 250 ml Air
– 50 ml santan
– margarin/minyak goreng untuk menumis secukupnya

Cara Membuatnya :
1. Suwir-suwir dada ayam yang sudah direbus
2. Haluskan bawang putih dan bawang merah dan geprek jahe.
3. Setelah itu, siapkan wajan, masukkan margarin/ minyak goreng lelehkan, lalu tumis bumbu yang di haluskan dan jahe hingga layu dan harum.
4. Kemudian masukkan ayam.
5. Lalu masukkan penyedap rasa, garam, dan air, santan. Aduk rata dan masak hingga air menyusut serta ayam sedikit kering.
Sambil lalu koreksi rasa sesuai selera.

Cara mencetak lemper : Ambil sebagian ketan lalu pipihkan dan masukkan 1 sendok makan isian ayam, rapikan sampai isian ayam rapi.

Kemudian bungkus dengan daun pisang (di bentuk sesuai selera) setelah selesai semua, kemudian kukus kembali selama 15 menit, setelah daun sudah layu angkat lemper dan sisihkan. Setelah selesai di kukus semua lemper sudah siap hidangkan dan di nikmati.

Selamat mencoba. (SW)

No More Posts Available.

No more pages to load.