Pertama di Madura, Pemkab Bangkalan Luncurkan Portal Satu Data

oleh -567 views

BANGKALAN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Bangkalan melaunching Web Portal Satu Data untuk semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Portal Satu Data tersebut diharapkan bisa menjadi pusat data untuk mempermudah akses data bagi siapapun yang membutuhkan.

 

Tidak hanya itu, Pj Bupati Bangkalan Arief Moelia Edi juga menjelaskan bahwa Portal Satu Data juga dapat berfungsi sebagai marketplace data pemerintah untuk mempertemukan supply (penawaran) dan demand (permintaan) terhadap data.

 

“Diharapkan dengan adanya Portal Satu Data bisa memberikan solusi bagi OPD dan masyarakat yang butuh data, serta menyatukan data dari setiap instansi,” ujarnya, Jumat (26/04/24).

 

Portal Satu Data terhubung dengan seluruh portal data di masing-masing instansi pemerintah daerah. Beragam jenis data, kata Pj Bupati Bangkalan akan bermuara dalam satu wadah yang dinamakan Portal Satu Data.

 

“Baik data statistik, spasial, maupun keuangan di seluruh strata pemerintah ada dalam satu Portal Satu Data. Instansi terkait dan masyarakat bisa mengaksesnya,” jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Bangkalan, Agus Sugianto Zein menambahkan, Portal Satu Data ini tuntutan dari pemerintah pusat agar segera direalisasikan. Bangkalan satu-satunya di Madura yang sudah membuat Portal Satu Data.

 

“Alhamdulillah Bangkalan menjadi kabupaten pertama di Madura yang membuat Portal Satu Data,” ungkapnya. (SD/HS)

No More Posts Available.

No more pages to load.