Selama Ini Hanya Sebagai Pelengkap, Mulyono Izin Wabup Bentuk Paguyuban BPD Sidoarjo

oleh -157 views

SIDOARJO, Posmedia.id – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melakukan kegiatan Bimbingan Teknis penngkatan kapasitas BPD se kecamatan Sedati di hotel Aria Gajahyana, Malang, Sabtu (25/11/2023) malam. Ketua BPD se-Kecamatan Sedati, Mulyono, mengatakan bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas BPD se-Kecamatan Sedati ini merupakan bimtek yang perdana di Kecamatan Sedati.

Pada saat itu pula, dihadapan Wakil Bupati Sidoarjo dirinya memohon restu untuk membentuk paguyuban BPD Se Kabupaten Sidoarjo.

“Diawali dari Kecamatan Sedati, yang hadir malam hari ini adalah anggota BPD aktif yang memiliki SK,” terang Mulyono saat memberikan sambutan.

Tujuan dari membentuk paguyuban BPD tersebut Mulyono mengatakan bahwa untuk bisa bersinergi dan bermitra dengan pemerintah desa.

“Tujuan BPD ini sebagi mitra kepala desa yang bersinergi dengan pemerintah desa. Kendala saat ini masih ada BPD itu sebagai pelengkap saja. BPD bukan seperti itu ,” tegasnya.

Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, saat membuka kegiatan bimtek Peningkatan Kapasitas BPD se- Kecamatan Sedati. Ia mengatakan penekanan BPD sebagai mitra kepala desa dalam menjalankan roda pemerintah desa adalah komunikasi dan koordinasi harus sejalan.

“Tugas pemerintahan desa dan Lembaga desa harus sejalan, untuk mewujudkan visi dan misi pemdes. BPD harus memahami tupoksinya sebagai mitra dan bersinergi dengan pemerintah desa,” ucapnya.

Menurut Subandi, masih sering kita jumpai BPD ini sebagai pengawas, ini tidak boleh terjadi. Karena BPD juga telah terlibat dalam penyusunan RAPBDes. Untuk itu BPD mempunyai peran penting dalam pelaksanaan prioritas pembangunan yang tertian di RAPBDes.

“Mengenai SK BPD 350, saya akan turut mengawal SK tersebut, untuk meningkatkan kesejahteraan teman – teman BPD. Yang terpenting saat ini teman – teman BPD terus semangat untuk meningkatkan kinerjanya dalam mebangun desanya masing-masing,” tukasnya. (IH)