Cukup dengan Dua Bahan Dapur Ini, Sakit Gigi Anda Bisa Diatasi

oleh -190 views

Kesehatan, Posmedia.id,- Anda pernah mengalami sakit gigi? Pasti sangat mengganggu kan? Rasa nyerinya kadang sampai membuat kita tidak bisa fokus melakukan pekerjaan. Tidak hanya mengganggu fokus dalam bekerja tapi juga kadang sampai gak bisa tidur dan istirahat.

Nah jika anda mengalami sakit gigi, penulis punya pengalaman berharga agar rasa nyeri sakit gigi anda bisa diatasi, tanpa harus langsung ke dokter atau beli obat-obatan kimia. Namun Hanya cukup dengan bahan-bahan rempah yang biasa ada di dapur, rasa nyeri dari sakit gigi anda akan bisa diatasi dengan baik.

Nah langsung saja ya, jika anda mengalami sakit gigi dan rasa nyerinya sangat mengganggu, silahkan rebus air putih secukupnya lalu masukkan dua atau tiga buah cengkeh, ketika air sudah mendidih, matikan api kemudian masukkan garam dapur secukupnya lalu diaduk dan diamkan hingga suhu air turun menjadi air hangat atau tidak terlalu panas.

Setelah air sudah dalam kondisi suhu hangat, lalu gunakan air tersebut sebagai air kumur dan arahkan ke bagian gigi yang terasa sakit. Ulangi hingga beberapa kali lalu buktikan, rasa nyeri akan berangsur hilang sehingga anda bisa bekerja dengan fokus dan juga istirahat tidur dengan nyenyak tanpa harus terganggu dengan rasa nyeri.

Dikutip dari alodokter.com, Beberapa penelitian mengungkapkan, kandungan senyawa eugenol dalam minyak cengkeh dapat meringankan gejala sakit gigi. Selain itu, senyawa eugenol juga bersifat antibakteri, analgesik (pereda nyeri), antioksidan, dan antiinflamasi.

Jika dioleskan ke gusi dan gigi yang sakit, minyak cengkeh diduga efektif meredakan kondisi tersebut. Selain itu, minyak cengkeh juga dipercaya dapat mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang.

Akan tetapi, hingga saat ini belum cukup bukti medis yang menunjukkan bahwa manfaat cengkeh untuk mengatasi sakit gigi benar-benar efektif. Masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan efektivitas manfaat cengkeh tersebut. Setidaknya langkah ini dapat dicoba sebagai pertolongan pertama sampai Anda memeriksakan diri ke dokter gigi. (Red)