Jelang Idhul Adha, Pengawasan Hewan Ternak di Bangkalan di Perketat

oleh -321 views

BANGKALAN – Posmedia.id,-  Jelang Hari Raya Iedul Adha Dinas Peternakan (Disnak) Bangkalan Bakal memperketat pengawasan lalu lintas ternak utamanya yang melalui jalur darat yang menjadi poros utama keluar masuknya hewan kurban.

 

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan melalui Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan Bangkalan Ali Makki mengatakan, menjelang Idhul adha aktifitas Pengiriman hewan keluar daerah yang melalui jalur darat semakin meningkat, lain halnya dengan jalur laut.

 

“Laju hewan ternak pada periode menjelang idhul adha memang meningkat, maka dari itu perlu pengawasan yang ketat pada hewan terutama yang masu ke Bangkalan,” ucapnya. Rabu (29/5/24).

 

Kata Ali makki, pihaknya sudah mendapatkan Prosedur Operasi Standar (SOP) lalu lintas hewan ternak kurban dari Disnak Jawa Timur, untuk mengatur lalu lintas ternak khususnya yang masuk ke bangkalan.

 

“Ada aplikasi yang sudah di launching, namun karena beberapa daerah belum siap dari berbagai segi, pemerintah memberi kelonggaran untuk tidak menerapkan,” paparnya.

 

Ali menambahkan, Laju lalu lintas ternak yang semakin tinggi, maka potensi persebaran penyakit pada hewan juga semakin meningkat. Oleh karenanya, upaya pengawasan terus dilakukan agar hewan yang masuk ke bangkalan dapat terhindar dari penyakit.

 

“Kami tidak menerapkan aplikasi dan uji leb yang ditentukan pemerintah, namun kami memastikan hewan sudah di vaksin agar terhindar dari penyakit,” pungkasnya. (SD/HS)

No More Posts Available.

No more pages to load.