Resmi Dilantik, 54 Panwascam Siap Bekerja Tanpa Libur

oleh -158 views

BANGKALAN – Posmedia.id,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangkalan melantik 54 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2024, pelantikan tersebut digelar di Gedung Rato Ebuh, Sabtu, (25/05/24).

Ketua Bawaslu Bangkalan, Ahmad Mustain Saleh, mengatakan bahwa setiap kecamatan di Bangkalan memiliki tiga anggota Panwascam. Dari total 54 pengawas, 41 di antaranya merupakan anggota lama yang melanjutkan tugas dari Pileg, sementara 13 sisanya adalah wajah baru.

“Sebanyak 41 panitia lama dari Pileg sekarang melanjutkan tugasnya di Pilkada. Lalu ada 13 anggota Panwascam baru,” ujarnya.

Mustain juga menekankan, khususnya kepada Panwascam untuk Pilkada 2024, agar belajar dari pengalaman Pilkada 2018 dan Pemilu 2024.

“Pada Pemilu 2024 masih menyisakan beberapa residu yang belum selesai dan sedang dalam proses di MK. Meski residu Pemilu kali ini lebih sedikit dibandingkan sebelumnya, pengawasan tetap harus ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Lanjut itu, terkait masa kerja Panwascam Pilkada 2024, Mustain menjelaskan bahwa mereka akan bertugas selama 9 bulan sejak pelantikan. Pada Pilkada kali ini, Panwascam tidak memiliki hari libur seperti pada Pemilu sebelumnya.

“Jika pada Pemilu sebelumnya hari kerja hanya Senin hingga Jumat, untuk Pilkada hari kalender termasuk Sabtu dan Minggu juga dihitung. Jika ada sengketa di MK atau PSU, masa kerja bisa diperpanjang. Namun, sementara ini masa kerja ditetapkan selama 9 bulan,” pungkasnya. (SD/HS)

No More Posts Available.

No more pages to load.