Gelar Operasi Pasar di Bangkalan, Bea Cukai Madura Sita Ratusan Rokok Ilegal

oleh -368 views

BANGKALAN – Posmedia.id,-  Tim gabungan yang terdiri dari petugas Bea Cukai Madura, Kejaksaan, Kepolisian, Kodim 0829, Bagian Perekonomian dan Satpol PP kabupaten Bangkalan, gelar giat operasi pasar (OPSAR), Kamis (14/5/23).

Kegiatan itu sebagai upaya memberantas peredaran barang kena cukai ilegal. Kali ini, giat opsar dilakukan dengan menyasar para penjual rokok di toko-toko pasar Tragah, Kecamatan Tragah dan juga pasar Kwanyar Kecamatan Kwanyar.

Operasi pasar ini bertujuan untuk memeriksa apakah rokok yang diedarkan sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Apabila tidak sesuai (ilegal), maka akan dilakukan peringatan dan penindakan tegas.

Dalam kegiatan tersebut, setidaknya Bea Cukai telah mengamankan ratusan batang rokok ilegal yang tidak dilekati pita cukai yang disimpan dalam kardus siap jual. Selain itu, kegiatan tersebut juga diiringi dengan sosialisasi gempur rokok ilegal mengenai pelanggaran ketentuan cukai, seperti rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita cukai berbeda peruntukan, rokok dengan pita cukai bekas dan rokok polos atau tanpa pita cukai.

Kepala Satpol PP kabupaten Bangkalan, Rudiyanto menjelaskan, kegiatan operasi difokuskan di pasar Tragah dan pasar Kwanyar dengan sasaran toko-toko depan pasar. Selanjutnya, petugas gabungan akan terus melakukan giat operasi pasar yang telah diagendakan di sejumlah pasar yang ada di kabupaten Bangkalan.

“Nantinya yang melanggar UUD NO.39 Tahun 2007 Pasal 50 dan 54 dengan ancaman Hukuman 1-5 tahun penjara Dan/atau Denda sedikitnya 2 kali nilai Cukai dan paling banyak 10 kali,” katanya.

Lanjut itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar masyarakat Bangkalan mematuhi aturan tentang cukai tembakau ini.

“Kami menghimbau kepada masyarakat Bangkalan, agar mematuhi tentang cukai. Jangan menjual ataupun membeli rokok yang tidak ada cukainya. Karena, pelanggaran terhadap peredaran cukai yang tidak sesuai aturan disanksi hukum pidana,” pungkasnya. (Sd)