Kunjungi Bangkalan, Berikut Agenda Wakil Presiden KH Makruf Amin

oleh -660 views

Posmedia.id, Bangkalan – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke Kabupaten Bangkalan, Kamis (13/01/2022).

Dalam kunjungannya ke Bangkalan, Wapres memiliki beberapa agenda dibeberapa tempat.

Pertama, Wapres memberikan orasi ilmiah dalam rangka wisuda ke-10 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syaichona Moh. Cholil Bangkalan di Gedung Serbaguna Rato Ebuh Bangkalan.

Dalam orasi ilmiahnya, Wapres menyampaikan, berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) BPS Tahun 2021, persentase penduduk yang menyelesaikan pendidikan S1 hingga S3 pada 2021 meningkat 2,2 persen dibandingkan 10 tahun sebelumnya.

Namun, angkatan kerja saat ini masih didominasi lulusan SMA dengan proporsi sekitar 32 persen. Sedangkan persentase lulusan pendidikan tinggi baru mencapai sekitar 10-12 persen dari 138 juta angkatan kerja pada 2020.

“Berarti kita semua masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja yang berpendidikan tinggi,” ujarnya.

Untuk itu, kata wapres, dibutuhkan peran aktif dari seluruh lembaga, khususnya sekolah tinggi untuk berkontribusi secara kongkret dalam upaya peningkatan jumlah angkatan kerja berpendidikan tinggi tersebut.

“Saat ini pemerintah telah membuka kesempatan untuk ‘merdeka belajar’. Sementara pendidikan tinggi dituntut untuk responsif dan bijak dalam penerapannya,” katanya.

“Implementasinya menuntut pendidikan tinggi untuk memperluas kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan seraya memanfaatkan kemajuan teknologi,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, sambung Wapres, melalui program pengabdian masyarakat, STAIS Syaichona Moh. Cholil dapat menerjunkan tenaga pengajar maupun mahasiswa untuk terlibat dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat, seperti pendampingan UMKM halal.

“Saya melihat potensi Kabupaten Bangkalan sangat besar, mulai dari pertanian, perikanan dan kelautan, industri batik, hingga wisata halal. Apabila terus dikembangkan, potensi daerah Bangkalan dapat memberikan sumbangsih nyata dalam mencapai visi Indonesia menjadi pusat industri halal dunia pada tahun 2024,” ucapnya.

Usai mengisi orasi ilmiah, Wapres langsung ziarah ke makam Syaichona Moch Cholil di Martajasah sekaligus bersilaturahmi dengan keluarga Bani Cholil.

Selanjutnya, Wapres meresmikan gedung Halal Center di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dan meninjau pameran produk UMKM di sana.

Sementara agenda terkahir wapres yaitu meresmikan Menara Masjid Syaichona K.H. Ghozali Bin Abdussalam di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al-Muhajirin, Pesarean Bawah, Buduran, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan. (HS)

No More Posts Available.

No more pages to load.