Cara Buat Pisang Bolen Lumer

oleh -511 views

POSMEDIA.ID – Bolen pisang yang sangat di gemari di semua kalangan, membuat jajanan ini masih populer sampai saat ini.

Buah pisang memang menjadi salah satu bahan makanan yang banyak dikreasikan menjadi berbagai macam camilan. Rasa manis dan teksturnya yang lembut dapat dipadukan dengan beragam bahan lain hingga membuat hidangan camilan lezat dan menarik. Tidak heran, jika pisang merupakan salah satu buah yang banyak digemari dan dikonsumsi masyarakat.

Jika Anda salah satu penggemar buah pisang, tentu sudah tidak asing dengan sajian bolen pisang. Bolen pisang merupakan camilan yang terbuat dari buah pisang yang dibalut dengan kulit pastry halus dan lembut. Bukan hanya itu, bolen pisang juga sering kali ditambahkan bahan lain sebagai variasi isian seperti keju, cokelat, atau meses.

Beragam bahan yang di padukan menjadi satu, membuat bolen pisang mempunyai cita rasa manis dan gurih yang memanjakan lidah. Bukann hanya itu, tekstur pisang dan kulit pastry yang lembut juga menambah kenikmatan tersendiri saat mengonsumsinya. Di samping itu, lezatnya bolen pisang juga bisa menjadi sajian menarik de berbagai acara keluarga. Jika tertarik mencoba kelezatan bolen pisang, anda bisa mencobanya di rumah dengan resep yang kami bagikan di bawah ini.

Bahan A:
-100 gram tepung terigu protein tinggi
-1 sendok makan minyak goreng
-75 gram margarin (saya ganti margarin 30gr dengan butter)

Bahan B:
-200 gram tepung terigu protein tinggi
-30 gram gula tepung
-80 ml air
-75 gram margarin (saya ganti margarin 30gr dengan butter)

Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):
-1 kuning telur
-2 sendok makan susu cair (saya pake 1kng telur dan 1sdm minyak goreng)

Bahan Isi:
-1 buah pisang tanduk (saya pake pisang kepok dan sy bakar sebentar oles margarine), potong bulat, tidak perlu direbus/dikukus Keju potong kotak atau Coklat DCC ( coklat batang) potong kotak

Cara Pengolahan :
-Ambil 1potong pisang. Isi dengan keju/coklat.Tutup lagi dengan pisang.
-Aduk rata bahan A.
Bentuk bulat.
Diamkan 10 menit.
-Aduk bahan B sampai setengah elastis.
Diamkan 15 menit.
-Bagi adonan A menjadi 15 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 15 bagian, bulatkan.
-Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
-Giling adonan molen melebar. Letakkan pisang di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan.
-Oles dengan bahan olesan. Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. (sampai kuning kecoklatan) Keluarkan dari oven. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.(saya pakai oven gas yg 2 tingkat api atas dan api bawah)

Tips: Saat menggiling jgn terlalu nafsu menggiling.Giling dengan perlahan agar bahan A tidak terlalu bocor keluar. Kulitnya akan membentuk kulit2 ari tandanya berhasil gilingannya. Selamat mencoba ya bu ibu. Ini gampang buatnya, layak untuk dicoba.

Selamat mencoba (SW)

No More Posts Available.

No more pages to load.