Resep Es Lidah Buaya Khas Pontianak

oleh -2,606 views

POSMEDIA.ID – Es lidah buaya memang terkenal dengan minuman khas kota pontianak, walaupun minuman ini bisa dengan mudah di buat oleh siapa saja, akan tetapi di Pontianak es lidah buaya masih menjadi favorit masyarakat sekitar.

Kota Pontianak di kalimantan barat berada tepat di garis khatulistiwa jadi menyebabkan cuaca dan suhu udara di kota Pontianak cenderung panas. Masyarakat sekitar memanfaatkan kondisi alam ini membudidayakan tanaman lidah buaya yang mudah tumbuh di kalimantan khusunya di Pontianak. Sehingga terciptalah es lidah buaya khas Pontianak.

Pedagang minuman ini dengan mudah ditemukan di pinggir jalan, restoran, maupun kafe. Selain menjual dalam bentuk minuman, ada pula yang menjual lidah buaya dalam bentuk batang atau sudah di kupas. Perpaduan lidah buaya yang mempunyai efek menyejukkan dengan rasa manis dan asam dari sirup melon dan jeruk nipis menjadikan minuman ini yang sangat menyegarkan dan banyak di gemari oleh banyak orang.

Di ibu kota kalimantan barat itu bukan hanya es lidah buaya yang populer, tapi ada beberapa minuman yang lain juga. Bila anda berkunjung ke kota Pontianak jangan lupa untuk mencicipi es lidah buaya khas pontianak ini. Dan jangan bersedih bagi yang belum tau/ belum bisa berkunjung ke pontianak kami akan berbagi resep es lidah buaya ini yang bisa di praktekkan di rumah. Berikut bahan-bahannya

Bahan-bahan:
-1000 gr lidah buaya segar (beli sudah dipotong-potong)
– 3 sendok makan biji selasih
-Sejumput garam
-1700 ml air (untuk merebus)
-Syrup melon (boleh coco pandan dll)
-Secukupnya es batu kepruk

Air Gula:
-200 gr gula pasir (boleh dikurangi atau ditambah)
-2000 ml air

Langkah
1. Cuci bersih lidah buaya yang masih utuh dan segar, setelah di bersihkan lalu di potong-potong. (Beli yang sudah di potong-potong juga bisa)

2. Rebus potongan lidah buaya tambahkan sejumput garam, dengan api sedang lebih kurang 45 menit.

3. Cuci bersih kembali, dan tiriskan.

4. Siapkan air dipanci tambahkan gula pasir masukkan lidah buaya tadi masak hingga mendidih. Matikan kompor biarkan dingin. Biarkan hingga air gula menyerap ke dalam daging lidah buaya.

5. Dalam penyajian boleh original atau ditambahkan syrup sesuai selera ( syirup melon/ coco pandan).

6. Tambahkan biji selasih secukupnya dan es batu kepruk.

7. Es lidah buaya sudah dapat segera disajikan.

Es Lidah Buaya Khas Pontianak Siap di Nikmati.

Selamat mencoba.(SW)

No More Posts Available.

No more pages to load.