Resep Sop Ikan Salmon yang Kaya Manfaat

oleh -1,590 views

POSMEDIA.ID – Ikan salmon sangat kaya manfaat diantaranya
1. Sumber asam lemak omega 3 untuk kesehatan otak.
2. Mengandung sumber protein yang baik.
3. Kaya akan selenium yang penting untuk tulang.
4. Tinggi vitamin B untuk melawan inveksi.
5. Memiliki antioksidan astaxanthin.
Saat ini beraneka ragam hidangan di restauran Indonesia menyajikan salmon sebagai menu utamanya. Ikan yang biasa disajikan dalam sushi ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan.
Selain rasanya yang enak, serbaguna, dan mudah didapatkan, ikan populer ini banyak mengandung nutrisi dan dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit. Berikut adalah manfaat ikan salmon untuk kesehatan:

1. Meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.
Salmon memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Karena kandungannya inilah, manfaat ikan salmon dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Omega-3 bersama dengan vitamin A, vitamin D, dan selenium dapat mencegah kerusakan sistem saraf, bekerja sebagai antidepresan, dan menenangkan otak. Konsumsi salmon pada anak-anak dapat mencegah ADHD.

2. Menjaga kesehatan tulang.
Ilustrasi ikan salmon dapat Menjaga Kesehatan Tulang
Kalsitonin menjadi salah satu kandungan ikan salmon. Fungsinya, yaitu membantu meningkatkan kekuatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoartritis.
Selain kalsitonin, kesehatan tulang Anda juga akan terjaga karena salmon mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.

3. Mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.
Omega-3 yang terkandung dalam salmon membantu mengurangi kadar kolesterol darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan menguatkan otot jantung serta memperbaiki kerusakan jaringan jantung dan pembuluh darah.
Salmon juga membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kekakuan dan penyumbatan dinding arteri sehingga dapat mencegah serangan jantung.
Oleh karena itu, manfaat konsumsi ikan salmon dapat mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah arteri), dan lain sebagainya.

4. Mengontrol berat badan
Ikan salmon dapat mengontrol berat badan
salah satu manfaat ikan salmon dapat dirasakan anda yang sedang mencoba diet. Ternyata, mengkonsumsi salmon secara teratur diklaim dapat membantu anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.
Seperti makanan berprotein tinggi lainnya, salmon membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan dan membuat anda merasa kenyang.
Selain itu, tingkat metabolisme Anda meningkat lebih banyak setelah makan makanan kaya protein seperti salmon, dibandingkan dengan makanan lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan ikan salmon, yakni lemak omega-3, dapat membantu proses penurunan berat badan dan mengurangi lemak di perut pada individu yang kelebihan berat badan.

5. Melawan Proses Peradangan
Melawan peradangan adalah salah satu manfaat ikan salmon. Banyak ahli percaya bahwa peradangan adalah akar penyebab sebagian besar penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker.
Salmon dan ikan berlemak lainnya dapat membantu menurunkan peradangan, yang dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit kronis dan memperbaiki gejala pada orang dengan kondisi tersebut.

6. Membantu Mengatasi Kesulitan Tidur
Ilustrasi ikan Salmon dapat membantu mengatasi kesulitan tidur
Kualitas tidur yang buruk di malam hari tentu dapat menghambat aktivitas harian anda. Hal ini perlu diatasi, salah satunya dengan penerapan pola hidup sehat. Selain itu, anda pun bisa memperoleh manfaat ikan salmon untuk mengatasi insomnia.

Kali ini kami membuat sop ikan salmon yang super mudah, dengan kuah yang segar akan menambah citra rasa ikan salmon menjadi lebih mantap dan pastinya kaya akan vitamin. Apa saja bahan-bahan yang harus di siapkan cek di bawah ini ya.

Bahan :
– 500 gr ikan salmon, potong sesuai selera & kucuri dengan 1/2 buah air jeruk nipis
– 1 buah wortel, potong sesuai selera
– 1 buah tomat, potong sesuai selera
– Daun kemangi, secukupnya ( jika suka )
– 2 sdm air jeruk nipis/ jeruk lemon
– 1,5 liter air

Bumbu Iris :
– 5 siung bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 3 buah cabai rawit merah
– 1 buah cabai merah keriting

Bumbu Pelengkap :
– 2 batang serai, geprek
– 2 lembar daun salam
– 2 lembar daun jeruk
– 1 ruas jahe sebesar jempol, geprek

Seasoning :
– 1 sdm kecap asin
– 1 sdm kecap ikan
– 2 sdt garam
– 2 sdt kaldu jamur
– 2 sdt gula pasir
– 1 sdt minyak wijen
– 1 sdt merica bubuk

Cara Membuat :

1. Rebus air dengan bumbu iris & bumbu pelengkap, masak hingga mendidih.

2. Masukkan wortel & seasoning, tunggu hingga kuah mendidih kembali.

3. Masukkan ikan salmon, masak sebentar saja hingga ikan berubah warna. Setelah berubah warna matikan api.

4. Terakhir masukkan tomat, daun kemangi & air jeruk nipis.

5. Koreksi rasa, setelah pas sop ikan salmon sudah siap di hidangkan dan di nikmati.

Ikan salmon sangat bagus untuk anak-anak, apa lagi di hidangkan masih hangat anak-anak pasti suka. Tunggu apa lagi…segera buat di rumah ya bunda selain enak juga menyehatkan.

Selamat mencoba (SW)

No More Posts Available.

No more pages to load.