Cara Buat Dadar Gulung, Jajanan Traditional yang Fenomenal

oleh -1,410 views

POSMEDIA.ID – Jajanan traditional namun terkenal fenomenal dikalangan penggemar jajanan nusantara.

Rasanya yang gurih manis dengan tekstur yang lembut menjadikan jajanan ini disukai oleh berbagai kalangan, baik orang tua maupun anak muda dan anak-anak sekalipun.

Jajanan ini biasa dikenal dengan nama dadar gulung dengan berbagai macam isi namun yang fenomenal adalah isi parutan kelapa campur gula merah atau gula aren.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan resep dadar gulung dengan isi parutan kelapa tersebut, jangan khawatir walupun terkesan deso tapi soal rasa dijamin tidak kalah dengan jajanan kekinian, he……

Jika ingin mencoba, berikut bahan-bahan yang harus disediakan:

Bahan kulit dadar gulung :
-250gr tepung terigu
-1 sendok teh tepung tapioka/kanji
-1/2 sendok teh garam
-1 butir telur
-500 ml santan (1/2 butir kelapa)
-1 sendok makan pasta pandan atau secukupnya
Minyak sayur secukupnya untuk olesan

Bahan isian Kelapa:
-1/2 butir kelapa parut
-70 gram gula merah di sisir
-1 lembar daun pandan
-50 ml air
-1 sendok makan gula pasir
-1/2 sendok teh garam

Cara membua Kulit dadar:

1. Campurkan dan aduk rata tepung terigu, tapioka dan garam, kemudian tuang santan sedikit demi sedikit sambil di aduk. Setelah rata dan tidak ada yang menggumpal, saring adonan supaya hasilnya lebih lembut, lalu tambahkan pasta pandan dan aduk hingga rata.

3. Siapkan wajan teflon datar, dan panaskan, olesi tipis dengan minyak sayur. Setelah benar-benar panas selanjutnya tuang 1 sendok sayur adonan. putar wajan hingga merata. Kecilkan api. Masak sampai berubah dan tidak lengket lagi. Jangan terlalu lama supaya warna ijonya tetap bagus. (Sedikit tips membuat kulit dadar yang bolong bolong khas dadar gulung). Karena sebelumnya pernah bikin tapi gak bolong-bolong. perlu api besar saat memasukkan adonan kulit, lalu saat sudah merata membulat lalu kecilkan api menuju sedang, masak hingga matang seluruhnya).

5. Masak hingga adonan habis, sisihkan di atas piring datar (bisa olesi sedikit minyak agar tidak lengket) dan dinginkan.

Cara membuat isian kelapa:

1. Masak air, dan gula merah hingga larut sambil diaduk aduk hingga mendidih, lalu masukkan kelapa parut dan sedikit garam, lalu masukkan daun pandan.

3. Masak hingga air menyusut, tetapi gak terlalu kering. Sisihkan dan dinginkan. Siap digunakan.

Penyelesain:
Ambil satu lembar dadar kulit, isi dengan isian kelapa, lalu lipat seperti melipat amplop. Lakukan hingga habis.

Nah jajanan traditional yang fenomenal dadar gulung isi parutan kelapa bercampur dengan gula aren siap dihidangkan untuk hidangan alternatif keluarga atau sajian disaat ada acara atau pertemuan dengan tetangga atau teman sejawat.

Selamat mencoba…… (SW)

No More Posts Available.

No more pages to load.