Cara Buat Pentol Mix Ayam dan Ikan yang Diminati Anak-anak

oleh -324 views

POSMEDIA.ID – Sebagai ibu rumah tangga, harus memiliki banyak keahlian untuk bisa memberikan alternatif hidangan untuk keluarga. Kali ini kami akan berbagi resep untuk membuat pentol sederhana dari ayam dan ikan.

Pentol ayam dan ikan selain enak juga sangat di minati oleh anak-anak. Jadi biar menu dirumah tidak bosen dan anak-anak tetap mau makan dengan lahap kita harus bisa berkreasi sebaik mungkin.

Nah jika para bunda ingin mencoba dirumah berikut bahan yang harus disediakan.

700 gr ikan tongkol tanpa tulang
1300 gr daging ayam Bagian dada total daging 2 kilo gram ya kemudian dicuci bersih lalu potong kecil-kecil.

2 Butir telur
1 Sdm lada bubuk
1,1/2 Sdm garam, banyak gak apa2 ntar waktu direbus akan mengurangi rasa
1 bungkus royco rasa ayam.
penyedap Rasa Secukupnya
1 sdt baking powder/ soda kue
1/2 gelas es batu
15 sdm tepung tapioca/ tepung sagu tani
8 siung bawang putih goreng
8 biji bawang merah goreng Kemudian Dihaluskan.

Nah karena bahan sudah siap semua langkah selanjutnya siapkan blender, masukan semua bahan kecuali tepung tapioka, kemudian blender setengah halus lalu masukan tepung tapioka blender lagi, jika sudah rata dan kental matikan blender.

Setelah selesai proses blender, hasilnya kita pindahkan kebaskom kemudian kita masukan kedalam kulkas kurang lebih 30 menit agar mudah nyetaknya. Tapi mau langsung di cetak(bulat-bulat) tanpa masuk kulkas juga bisa bunda, silahkan sesuai selera.

Sekarang kita masak air dalam panci biarkan sampe mendidih lalu matikan api. Ambil adonan pentol dari kulkas kemudian cetak pakai tangan keluar dari antara jari jempol dan telunjuk (jangan lupa agar bersih dan higienis disarankan pakai sarung tangan plastik yg biasa digunakan pada saat membuat adonan kue) lalu masukan kedalam air panas tadi, lakukan sampai adonan habis atau sesuai kebutuhan. Jika masih ada sisa adonan bisa di masukkan kedalam kulkas lagi.

Setelah semua udah di bulatkan kemudian hidupkan lagi apinya rebus sampai mengapung, angkat masukan kedalam air sejuk/dingin sebentar lalu tiriskan.

Nah pentol bakso ayam ikan tongkol siap dihidangkan untuk hidangan keluarga tercinta dirumah, bisa sebagai pelengkap hidangan lainnya atau bisa juga sebagai camilan pentol goreng dan di cocol ke saos sambal, duh….. Penulis sampai gimana gituh membayangkan enak dan gurihnya pentol ayam dan ikan di cocol ke saos sambel, he…. Wajib dicoba nih….

Owh iya selain bisa untuk hidangan resep pentol mix ayam ikan ini bisa juga dijadikan sebuah ide usaha baik itu usaha pentol keliling, pentol bakso atau juga pentol frozen, lumayan bisa menjadi tambahan penghasilan keluarga. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat. (SW)